Monday 8 October 2018

SOAL MID KMD KELAS X


1.      Pendidikan Kemuhammadiyahan merupakan salah satu mata pelajaran pokok pada lembaga pendidikan Muhammadiyah, yang disampaikan pada jenjang pendidikan …
A.      Tingkat Sekolah Dasar
B.      Tingkat Sekolah Menengah Pertama
C.      Tingkat sekolah Menengah Atas
D.     Tingkat Perguruan Tinggi
E.      Pada semua tingkatan
2.      Tujuan dijadikannya Kemuhammadiyahan sebagai mata pelajaran pokok di lembaga pendidikan Muhammadiyah adalah agar pelajaran tersebut oleh peserta didik dapat …
A.      Hanya mengamati
B.      Hanya memahami
C.      Hanya mengahayati
D.     Mengamati dan memahaminya
E.      Mengamati, memahami dan mengahayatinya
3.      Mempelajari tentang latar belakang berdirinya, sejarah perkembangan, berbagai amal usaha dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh Muhammadiyah merupakan, cara pembelajaran dengan  metode …
A.      Pendekatan historis
B.      Pendekatan ideologis
C.      Pendekatan struktural
D.     Pendekatan matematis
E.      Pendekatan sosiologis
4.      Mempelajari secara mendalam tentang materi kepribadian Muhammadiyah, Mukadimah Anggaran dasar Muhammadiyah dan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah adalah pembelajaran dengan pendekatan …
A.      Historis
B.      Ideologis
C.      Structural
D.     Matematis
E.      Sosiologis
5.      Mempelajari tentang sistem organisasi Muhammadiyah yang meliputi susunan personal, pengaturan tugas, cara pengarahan dan pengerahan aktivitas yang dilakukan oleh organisasi secara efektif, efisien dan tertib. Metode pembelajaran tersebut menggunakan pendekatan secara …
A.      Historis
B.      Ideologis
C.      Struktural
D.     Matematis
E.      Sosiologis
6.      Kemunduran Islam pada abad ke XI-XVIII, setelah mengalami masa kejayaan Islam diabad VII-X terjadi karena mengalami krisis dalam berbagai bidang kecuali …
A.      Keagamaan
B.      Sosial
C.      Perdagangan
D.     Politik
E.      Ilmu pengetahuan
7.      Krisis dibidang ilmu pengetahuan sebagai salah satu penyebab kemunduran kejayaan Islam karena lembaga pendidikan dan pusat-pusat ilmu pengetahuan banyak yang dirusak oleh …
A.      Umat Islam yang malas di Bagdad dan Cordoba
B.      Umat Islam di Indonesia
C.      Kaum  Nasrani di Turki
D.     Kaum Nasrani di Spanyol dan tentara Mongol
E.      Tentara Mongol yang menginvansi di Eropa
8.      Berikut ini yang tidak termasuk melatar-belakangi kebangkitan dunia Islam adalah …
A.      Adanya upaya pemurnian ajaran agama Islam
B.      Memerangi penyimpangan aqidah  berupa kemusyrikan
C.      Memerangi penyimpangan aqidah berupa khurafat
D.     Memerangi penyimpangan aqidah berupa bid’ah
E.      Terikat secara mutlak dengan pendapat ulama-ulama terdahulu
9.      Berikut ini yang tidak menjadi latar belakang berdirinya organisasi Muhammadiyah di Hindia Belanda (Indonesia) oleh KH.Ahmad Dahlan,  adalah …
A.      Kondisi kehidupan keberagamaan yang memprihatinkan
B.      Kondisi Sosial masyarakat pendidikannya terbelakang
C.      Perekonomian masyarakat sangat lemah
D.     Perhatian hanya diberikan pada para pemuda
E.      Anak-anak muda kurang mendapat perhatian
10.  Situasi masyarakat ketika berada dalam belenggu penjajahan oleh Belanda adalah masyarakat pada umumnya berada dalam keadaan miskin, dan tidak berpendidikan serta masih kentalnya nuansa pengaruh animisme/dinamisme dalam menjalankan syariat agama Islam. Situasi inilah yang mendorong KH. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah pada tahun …
A.      1945
B.      1928
C.      1920
D.     1912
E.      1908
11.  Salah satu gambaran keadaan bangsa Indonesia saat periode awal Muhammadiyah adalah dalam hal beragama Islam sangat memprihatinkan antara lain karena …
A.      Hanya umat Islam yang beribadah
B.      Dalam beribadat banyak tercampur bid’ah
C.      Pola pikirnya sudah moderen
D.     Pola pikirnya mengikuti ajaran Belanda
E.      Pemahaman agamanya sesuai tuntunan Rasulullah SAW
12.  Gerakan dakwah Muhammadiyah yaitu agar umat Islam menjalankan syariat Islam dengan sebenarnya berdasarkan …
A.      Pendapat para kyai sebagai pedomannya
B.      Pendapat para ulama yang terkenal
C.      Pendapat para Nabi terdahulu
D.     Al-Quran dan Assunah sebagai pedomannya
E.      Keyakinan pada pemahaman masing-masing
13.  Abu yusuf ya’kub al kindi ,dikenal dengan filosof pertama dalam islam, di eropa beliau lebih dikenal dengan nama.......................
A.      Geber
B.      Alchendius
C.      Avicena
D.     Alkuddus
E.      Algaritmi
14.  Dinasti ummaiyah andalusia dimulai dengan masuknya tentara islam ke andalusia. Yang memimpin pasukan islam saat itu adalah...........
A.      Torik bin zubair
B.      Abdullah jedwat
C.      Torik ibnu ziyad
D.     Abdurrahman II
E.      Mansur II
15.  periode kepemimpinan dinasti abasyiyah di bagdad terdiri dari lima periode kepemimpinan, periode ketiga dimakan...............
A.      pengaruh turki pertama
B.      pengaruh turki kedua
C.      pengaruh persia pertama
D.     pengaruh persia kedua
E.      tanpa pengaruh dari dinasti lain
16.  Ada berapa pendekatan yang dapat kita gunakan untuk mempelajari Muhammadiyah?
A.    3               
B.     4               
C.     5   
D.    6   
E.     2
17.  Pendiri dinasti abbasiyah adalah.................
A.      Muawiyah bin abi sofyan
B.      Umar bin abdul azis
C.      Abdullah ibnu abbas assaffah
D.     Muawiyah bin muaz
E.      Abdurrahman bin auf
18.  Berikut ini adalah tokoh pembaharuan islam di mesir kecuali..........
A.      Jamaluddin al afghani
B.      Muhammad abduh
C.      Muhmmd rasyid ridho
D.     Hasan al bana
E.      Sir sayyid akhmad khan
19.  Pendiri dinasti umaiyah adalah...............
A.      Muawiyah bin abi sofyan
B.      Umar bin abdul azis
C.      Abdullah ibnu abbas assaffah
D.     Muawiyah bin muaz
E.      Abdurrahman bin auf
20.  Dibawah iini adalah dampak dari WAHN kecuali...........
A.      Tumbuhnya semangat jihad
B.      Lemahnya iman
C.      Individual
D.     Ukhuwah islamiyah melemah
E.      Hedonisme
21.  Berikut ini adalah dampak dari krisis sosial politik kecuali.........
A.      Umat islam terbelakang
B.      Dijajah bangsa kafir
C.      Perebutan kekuasaan
D.     Munculnya paham yang sama di masyarakat
E.      Islam lemah
22.  Filosof pertama di dunia Islam yang terkenal sebagai pangeran kedokteran pada masa Bani Abbasiyah adalah.........................
A.      Ibnu Sina
B.      Ar-Razi
C.      Al-Farabi  
D.     Al-Kindi
E.      Ibnu kholdun
23.  Ilmuwan muslim yang hidup pada masa perintahan dinasti abbasyiah yang dikenal sebagai penemu angka nol adalah...............
A.      Ibnu sina
B.      Al biruni
C.      Muhammad ibnu musa alhawarismi
D.     Jabir abu musa ibnu hayan
E.      Ibnu bitar
24.  Pembaruan dunia islam terjadi dibeberapa negara, salah satunya adalah pembaharuan islam yang terjadi di mesir dengan beberapa pelopornya. Gerakan pembaruan islam dimesir tersebut dikenal dengan gerakan...............
A.      Wahabiyah
B.      Syafiiyah
C.      Muwahidun
D.     Salafiyah
E.      Khilafiyah
25.  Pembaruan islam di turki dipelopori oleh mustofa kemal attaturk, dengan bebrapa pemahamannhya. Berikut ini yang bukan merupakan paham mustowa kemal attaturk adalah...................
A.      Nasionalisme dan westernisme
B.      Nasionalisme dan sekularisme
C.      Sekularisme dan nasionalisme
D.     Sekularisme dan westernisme
E.      Sekularisme dan hedonisme