1.
Pendidikan
Kemuhammadiyahan merupakan salah satu mata pelajaran pokok pada lembaga
pendidikan Muhammadiyah, yang disampaikan pada jenjang pendidikan …
A.
Tingkat Sekolah
Dasar
B.
Tingkat Sekolah
Menengah Pertama
C.
Tingkat sekolah
Menengah Atas
D.
Tingkat
Perguruan Tinggi
E.
Pada semua
tingkatan
2.
Tujuan
dijadikannya Kemuhammadiyahan sebagai mata pelajaran pokok di lembaga
pendidikan Muhammadiyah adalah agar pelajaran tersebut oleh peserta didik dapat
…
A.
Hanya mengamati
B.
Hanya memahami
C.
Hanya
mengahayati
D.
Mengamati dan memahaminya
E.
Mengamati,
memahami dan mengahayatinya
3.
Mempelajari
tentang latar belakang berdirinya, sejarah perkembangan, berbagai amal usaha
dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh Muhammadiyah merupakan, cara
pembelajaran dengan metode …
A.
Pendekatan
historis
B.
Pendekatan
ideologis
C.
Pendekatan
struktural
D.
Pendekatan
matematis
E.
Pendekatan
sosiologis
4.
Mempelajari
secara mendalam tentang materi kepribadian Muhammadiyah, Mukadimah Anggaran
dasar Muhammadiyah dan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah adalah pembelajaran
dengan pendekatan …
A.
Historis
B.
Ideologis
C.
Structural
D.
Matematis
E.
Sosiologis
5.
Mempelajari
tentang sistem organisasi Muhammadiyah yang meliputi susunan personal,
pengaturan tugas, cara pengarahan dan pengerahan aktivitas yang dilakukan oleh
organisasi secara efektif, efisien dan tertib. Metode pembelajaran tersebut
menggunakan pendekatan secara …
A.
Historis
B.
Ideologis
C.
Struktural
D.
Matematis
E.
Sosiologis
6.
Kemunduran
Islam pada abad ke XI-XVIII, setelah mengalami masa kejayaan Islam diabad VII-X
terjadi karena mengalami krisis dalam berbagai bidang kecuali …
A.
Keagamaan
B.
Sosial
C.
Perdagangan
D.
Politik
E.
Ilmu
pengetahuan
7.
Krisis
dibidang ilmu pengetahuan sebagai salah satu penyebab kemunduran kejayaan Islam
karena lembaga pendidikan dan pusat-pusat ilmu pengetahuan banyak yang dirusak
oleh …
A.
Umat Islam yang
malas di Bagdad dan Cordoba
B.
Umat Islam di
Indonesia
C.
Kaum Nasrani di Turki
D.
Kaum Nasrani di
Spanyol dan tentara Mongol
E.
Tentara Mongol
yang menginvansi di Eropa
8.
Berikut ini
yang tidak termasuk melatar-belakangi kebangkitan dunia Islam adalah …
A.
Adanya upaya
pemurnian ajaran agama Islam
B.
Memerangi
penyimpangan aqidah berupa kemusyrikan
C.
Memerangi
penyimpangan aqidah berupa khurafat
D.
Memerangi
penyimpangan aqidah berupa bid’ah
E.
Terikat secara
mutlak dengan pendapat ulama-ulama terdahulu
9.
Berikut ini
yang tidak menjadi latar belakang berdirinya organisasi Muhammadiyah di Hindia
Belanda (Indonesia) oleh KH.Ahmad Dahlan,
adalah …
A.
Kondisi
kehidupan keberagamaan yang memprihatinkan
B.
Kondisi Sosial
masyarakat pendidikannya terbelakang
C.
Perekonomian
masyarakat sangat lemah
D.
Perhatian hanya
diberikan pada para pemuda
E.
Anak-anak muda
kurang mendapat perhatian
10.
Situasi
masyarakat ketika berada dalam belenggu penjajahan oleh Belanda adalah
masyarakat pada umumnya berada dalam keadaan miskin, dan tidak berpendidikan
serta masih kentalnya nuansa pengaruh animisme/dinamisme dalam menjalankan
syariat agama Islam. Situasi inilah yang mendorong KH. Ahmad
Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah pada tahun …
A.
1945
B.
1928
C.
1920
D.
1912
E.
1908
11.
Salah satu
gambaran keadaan bangsa Indonesia saat periode awal Muhammadiyah adalah dalam
hal beragama Islam sangat memprihatinkan antara lain karena …
A.
Hanya umat
Islam yang beribadah
B.
Dalam beribadat
banyak tercampur bid’ah
C.
Pola pikirnya
sudah moderen
D.
Pola pikirnya
mengikuti ajaran Belanda
E.
Pemahaman
agamanya sesuai tuntunan Rasulullah SAW
12.
Gerakan dakwah
Muhammadiyah yaitu agar umat Islam menjalankan syariat Islam dengan sebenarnya
berdasarkan …
A.
Pendapat para
kyai sebagai pedomannya
B.
Pendapat para
ulama yang terkenal
C.
Pendapat para
Nabi terdahulu
D.
Al-Quran dan
Assunah sebagai pedomannya
E.
Keyakinan pada
pemahaman masing-masing
13.
Abu yusuf
ya’kub al kindi ,dikenal dengan filosof pertama dalam islam, di eropa beliau
lebih dikenal dengan nama.......................
A.
Geber
B.
Alchendius
C.
Avicena
D.
Alkuddus
E.
Algaritmi
14.
Dinasti
ummaiyah andalusia dimulai dengan masuknya tentara islam ke andalusia. Yang
memimpin pasukan islam saat itu adalah...........
A.
Torik bin
zubair
B.
Abdullah
jedwat
C.
Torik ibnu
ziyad
D.
Abdurrahman
II
E.
Mansur II
15.
periode kepemimpinan dinasti abasyiyah di bagdad terdiri
dari lima periode kepemimpinan, periode ketiga dimakan...............
A.
pengaruh turki pertama
B.
pengaruh turki kedua
C.
pengaruh persia pertama
D.
pengaruh persia kedua
E.
tanpa pengaruh dari dinasti lain
16.
Ada berapa pendekatan yang dapat kita gunakan untuk mempelajari
Muhammadiyah?
A.
3
B.
4
C.
5
D.
6
E.
2
17. Pendiri
dinasti abbasiyah adalah.................
A.
Muawiyah bin
abi sofyan
B.
Umar bin abdul
azis
C.
Abdullah ibnu
abbas assaffah
D.
Muawiyah bin
muaz
E.
Abdurrahman bin
auf
18.
Berikut ini adalah tokoh pembaharuan islam di mesir
kecuali..........
A.
Jamaluddin al afghani
B.
Muhammad abduh
C.
Muhmmd rasyid ridho
D.
Hasan al bana
E.
Sir sayyid akhmad khan
19.
Pendiri dinasti
umaiyah adalah...............
A.
Muawiyah bin
abi sofyan
B.
Umar bin abdul
azis
C.
Abdullah ibnu
abbas assaffah
D.
Muawiyah bin
muaz
E.
Abdurrahman bin
auf
20. Dibawah
iini adalah dampak dari WAHN kecuali...........
A. Tumbuhnya
semangat jihad
B. Lemahnya
iman
C. Individual
D. Ukhuwah
islamiyah melemah
E. Hedonisme
21. Berikut
ini adalah dampak dari krisis sosial politik kecuali.........
A. Umat
islam terbelakang
B. Dijajah
bangsa kafir
C. Perebutan
kekuasaan
D. Munculnya
paham yang sama di masyarakat
E. Islam
lemah
22. Filosof
pertama di dunia Islam yang terkenal sebagai pangeran kedokteran pada masa Bani
Abbasiyah adalah.........................
A. Ibnu Sina
B. Ar-Razi
C. Al-Farabi
D. Al-Kindi
E. Ibnu
kholdun
23.
Ilmuwan muslim yang hidup pada masa perintahan dinasti
abbasyiah yang dikenal sebagai penemu angka nol adalah...............
A.
Ibnu sina
B.
Al biruni
C.
Muhammad ibnu musa alhawarismi
D.
Jabir abu musa ibnu hayan
E.
Ibnu bitar
24.
Pembaruan dunia islam terjadi dibeberapa negara, salah
satunya adalah pembaharuan islam yang terjadi di mesir dengan beberapa
pelopornya. Gerakan pembaruan islam dimesir tersebut dikenal dengan
gerakan...............
A.
Wahabiyah
B.
Syafiiyah
C.
Muwahidun
D.
Salafiyah
E.
Khilafiyah
25.
Pembaruan islam di turki dipelopori oleh mustofa kemal
attaturk, dengan bebrapa pemahamannhya. Berikut ini yang bukan merupakan paham
mustowa kemal attaturk adalah...................
A.
Nasionalisme dan westernisme
B.
Nasionalisme dan sekularisme
C.
Sekularisme dan nasionalisme
D.
Sekularisme dan westernisme
E.
Sekularisme dan hedonisme